Rabu, 16 Februari 2011

4.KEPENDUDUKAN SUMATERA BARAT
Masjid Jami di Agam,Gereja Katholik peninggalan Belanda di Sawahlunto Suku bangsa utama untuk bagian ini adalah: Suku Minangkabau dan Suku Mentawai
Mayoritas penduduk Sumatera Barat merupakan suku Minangkabau. Di daerah Pasaman selain suku Minang berdiam pula suku Batak dan suku Mandailing. Suku Mentawai terdapat di Kepulauan Mentawai. Di beberapa kota di Sumatera Barat terutama kota Padang terdapat etnis Tionghoa, Tamil dan suku Nias dan di beberapa daerah transmigrasi (Sitiung, Lunang Silaut, Padang Gelugur dan lainnya) terdapat pula suku Jawa.

A. BAHASA MASYARAKAT SUMATERA BARAT
untuk bagian ini adalah: Bahasa Minangkabau dan Bahasa Mentawai
Bahasa yang digunakan dalam keseharian ialah bahasa daerah yaitu Bahasa Minangkabau yang memiliki beberapa dialek, seperti dialek Bukittinggi, dialek Pariaman, dialek Pesisir Selatan dan dialek Payakumbuh. Di daerah Pasaman dan Pasaman Barat yang berbatasan dengan Sumatera Utara, dituturkan juga Bahasa Batak dan Bahasa Melayu dialek Mandailing. Sementara itu di daerah kepulauan Mentawai digunakan Bahasa Mentawai.

B. AGAMA MASYARAKAT SUMATERA BARAT
Mayoritas penduduk Sumatera Barat beragama Islam. Selain itu ada juga yang beragama Kristen terutama di kepulauan Mentawai, serta Hindu dan Buddha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar